have visited INNOCENT :

Jumat, 26 Agustus 2011

GEBRAKAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA


Lomba Debat Bahasa Indonesia adalah salah satu lomba yang sangat menarik. Lomba ini dikhususkan bagi siswa-siswi kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Banjarnegara. Lomba yang diselenggarakan pada tanggal 28-29 Juli 2011 ini langsung ditangani oleh MPK dan OSIS sebagai panitianya. Sedangkan para juri adalah guru-guru SMA Negeri 1 Banjarnegara yang kompeten di bidang debat ini yaitu, Ibu Tabah Tiasih Palupi, S.Pd, dan Bapak Muhammad Agus Nur Sholeh, S.Pd.

Susunan pelaksanaan lomba debat Bahasa Indonesia ini yaitu terdiri dari babak penyisihan setiap angkatan kelas, babak satu per delapan final, babak perempat final, babak semifinal, dan babak final. Tata cara pelaksanaan lomba debat Bahasa Indonesia yang baru diadakan pada HUT SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun 2011 ini adalah setiap kelas diwakili oleh 3 siswa dan atau siswi pada babak penyisihan setiap angkatan kelas terdapat satu jubir untuk menyampaikan argumen kelompoknya, dan pada saat babak satu per delapan final sampai babak final setiap anggota kelompok menyampaikan argumennya dengan urutan (pembicara pertama, pembicara kedua, pembicara ketiga dan pembicara terakhir). Pembicara terakhir ini merupakan pembicara dari suatu kelompok untuk mengulas kembali keseluruhan isi argumen kelompoknya, menjelaskan kelebihan isi argumen kelompoknya, dan menyampaikan kekurangan kelompok lawan.

Tempat pelaksanaan lomba debat pada babak penyisihan angkatan ini dilaksanakan di Laboratorium Biologi (kelas X), Laboratorium Fisika (kelas XI), dan OMR atau Osis Meeting’s Room (kelas XII). Sedangkan babak satu per delapan final, babak perempat final, dan babak semifinal diadakan di OMR (Osis Meeting’s Room).
Pada tanggal 28 Juli 2011 memang dikhususkan untuk pelaksanaan babak penyisihan setiap angkatan kelas, babak satu per delapan final, babak perempat final, dan babak semifinal. Sedangkan tanggal 29 Juli 2011 baru diadakan babak finalnya. Babak final ini diikuti oleh kelas XII IPA 1 dengan kelas XI IPA 6, dan dilaksanakan di panggung yang berada di halaman sekolah atau lapangan upacara SMA Negeri 1 Banjarnegara.

Dengan tema “Gubernur D.I. Yogyakarta harus dipilih dengan cara pemilu” ini, babak final lomba debat Bahasa Indonesia sangat ramai, karena tidak hanya ditonton oleh seluruh siswa, namun isi argumen dari kelompok positif dan kelompok negatif juga sangat berbobot. Hal ini menjadikan kesan tersendiri bagi para peserta di babak final ini. Mereka merasa tertantang untuk mengikuti babak ini.

Akhirnya juara lomba debat Bahasa Indonesia pun diperoleh yaitu kelas XII IPA 1. Tentu saja dengan adanya lomba debat Bahasa Indonesia ini memotivasi siswa-siswi untuk berani menyatakan pendapat di depan orang banyak. Oleh karena itu, kita sebagai remaja di jaman modern ini harus berani menyatakan pendapat di muka umum untuk merumuskan suatu permasalahan, dan bisa mendapatkan penyelesaiannya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More